STMIK AMIKOM Yogyakarta

SEJARAH BERDIRINYA Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta (selanjutnya disebut STMIK AMIKOM YOGYAKARTA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berkedudukan di Provinsi DIY Kabupaten Sleman di bawah naungan Yayasan AMIKOM Yogyakarta.

STMIK AMIKOM YOGYAKARTA adalah sebuah perguruan tinggi hasil pengembangan dari Akademi Manajemen Informatika dan Komputer "AMIKOM YOGYAKARTA". AMIKOM Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan tinggi yang didirikan berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 084/D/O/1994 tentang Pemberian Status Terdaftar kepada Jurusan / Program Studi untuk Jenjang Program Studi D-III pada AMIKOM Yogyakarta di DIY dan bernaung di bawah Yayasan "AMIKOM YOGYAKARTA”.

AMIKOM Yogyakarta memiliki Program Studi Manajemen Informatika dan Teknik Informatika. Program studi ini masing-masing dikelola oleh seorang Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan yang didukung oleh Perangkat Dosen, dan Staff Administrasi.
Secara keseluruhan lembaga akademik saat itu dipimpin oleh seorang Direktur dibantu oleh beberapa Pembantu Direktur, Pelaksana Akademik, Unsur Pelaksana Administratatif, Unit Pelaksanaan Teknis, Unsur Penelitian dan Pengembangan dan beberapa unsur pendukung lainnya.
Pada tahun 2002, program D-3 Manajemen Informatika telah di Akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan SK BAN PT Nomor: 010/BAN-PT/Ak-I/Dpl-III/VIII/2002 dan mendapatkan akreditasi A.
Seiring dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli yang memahami dan terampil di bidang tersebut, maka AMIKOM menambah program S-1, dan berubah menjadi STIMIK AMIKOM YOGYAKARTA.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tanggal 24 April 2002, Nomor. 75/D/O/2002 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program-Program Studi dan Pendirian Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) AMIKOM Yogyakarta di DIY (Perubahan bentuk dari AMIKOM) yang diselenggarakan oleh Yayasan AMIKOM Yogyakarta di DIY.
Berdasarkan Surat Keputusan tersebut, STMIK AMIKOM YOGYAKARTA diberi ijin untuk menyelenggarakan program studi:
  1. Teknik Informatika untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  2. Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1)
  3. Manajemen Informatika untuk jenjang Program Diploma - III (D-3)
  4. Teknik Informatika untuk jenjang Program Diploma-III (D-3)
Penyelenggaraan Program Studi Sistem Informasi untuk jenjang Program Sarjana (S1) secara khusus didukung oleh Departemen Pendidikan Nasional, dengan surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Nomor: 2704/D/T/2004 perihal Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi pada STMIK AMIKOM YOGYAKARTA.
Badan Hukum:Yayasan AMIKOM Yogyakarta
Berdiri:11 Oktober 1994
Akte Pendirian :17 April 2008
Alamat :Jalan Ring Road Utara Condong Catur Depok-Sleman
Telpon:0274 - 884201 - 204
Faksimili:0274 - 884208
Website:http://www.amikom.ac.id
Email:amikom@amikom.ac.id

Pengurus :
Ketua:DRS. KALIS PURWANTO, M.M.
Sekretaris:SIWININGTYAS AGUSTIN
Bendahara:DRS. AUDITH M.TURMUDHI, M.M.
Rektor/Ketua/Direktur:PROF. Dr. MOHAMMAD SUYANTO, MM.
Pembantu/Wakil I:IR. RUM MUHAMAD ANDRI K RASYID, M.KOM.
Pembantu/Wakil II:RAHMA WIDYAWATI, SE., M.M.
Pembantu/Wakil III:DRS. MUHAMMAD IDRIS P, M.M.



VISI, MISI DAN TUJUAN PERGURUAN TINGGI

Visi STMIK AMIKOM Yogyakartaadalah menjadi sekolah tinggi kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneurship (private entrepreneur university). STMIK AMIKOM Yogyakarta akan menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia dibidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis entrepreneurship pada 2013 dan menjadi perguruan tinggi terbaik di Asia Tenggara dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis entrepreneurship pada 2020. Menjadi yang terbaik di Asia 2025 dan menjadi unggulan dunia pada tahun 2030 Private entrepreneur university adalah perguruan tinggi yang diukur berdasarkan standar UNESCO menggunakan profit generating income dari bidang riset dan services.
Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta telah menjadi Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Model Private Entrepreneur menurut UNESCO.

STMIK AMIKOM Yogyakarta memiliki misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi kelas dunia di bidang teknologi informasi dan komunikasi berbasis entrepreneurship.
  2. Melaksanakan penelitian penelitian dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi berkualitas dunia yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan dunia maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.

STMIK AMIKOM Yogyakarta memiliki tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas global, berjiwa entrepreneur dan profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
  2. Menghasilkan penelitian dan produk teknologi informasi dan komunikasi berkualitas global yang dapat berperan meningkatkan daya saing nasional.
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut memecahkan persoalan global maupun nasional, terutama dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.
  4. Menyelenggarakan pendidikan berstandar global melalui kemitraan dan jejaring nasional, regional maupun global.

VISI, MISI DAN TUJUAN PROGRAM STUDI

A. Program Studi D3-TI

Visi Program Studi D3-TI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Teknik Informatika unggulan Dunia dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Berdasarkan peringkat Webometrics Juli 2011, STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2168 dunia, di Asia Tenggara berada pada peringkat 79 dari seluruh Perguruan Tinggi di Asia Tenggara. Untuk College (Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi), STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2 dari seluruh College di Asia Tenggara.

Misi Program Studi D3-TI adalah:

  1. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu:
    1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional.
    2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter.
    3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar.
    4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang teknik informatika, khususnya konsentrasi Pemrograman Web - Database, Multimedia - Film Kartun dan Jaringan Komputer.
  2. Unggul dalam bidang penelitian, yaitu:
    1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan
    2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karya-karya dibidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat
    3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru dibidang teknologi informasi atau interdisiplin ilmu.
  3. Unggul dalam bidang pengabdian masyarakat, yaitu:
    1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional
    2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
    3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum.
    4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang teknologi informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu:
    1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional
    2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan professional

Indikator alumni D3-TI adalah:

  1. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  2. Memiliki kemampuan memimpin.
  3. Memiliki jiwa entrepreneur.
  4. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

B. Program Studi D3-MI

Visi Program Studi D3-MI adalah :

Pada tahun 2021 menjadi program studi manajemen informatika kelas dunia yang unggul dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis enterpreneurship.

Misi Program Studi D3-MI adalah:

  1. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu:
    1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang professional
    2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional
  2. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu:
    1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional.
    2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter.
    3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar.
    4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang system informasi, khususnya konsentrasi E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi Akuntansi.
  3. Unggul dalam penelitian, yaitu:
    1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan
    2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karya-karya dibidang teknologi informasi, khususnya sistem informasi, yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat
    3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru yang sesuai konsentrasi bidang ilmu E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi Akuntansi atau interdisiplin ilmu.
  4. Unggul dalam pengabdian masyarakat, yaitu:
    1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
    2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
    3. Menerapkan keahlian dibidang manajemen informatika untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum.
    4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang sistem informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Indikator alumni Program Studi D3-MI adalah:

  1. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  2. Memiliki kemampuan memimpin.
  3. Memiliki jiwa entrepreneur.
  4. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi terutama bidang ilmu Manajemen
  5. Informatika dengan konsentrasi E-commerce, Sistem Informasi berbasis Multimedia dan Komputerisasi
  6. Akuntansi.
  7. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

C. Program Studi S1-TI

Visi Program Studi S1-TI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Teknik Informatika unggulan Dunia dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship.

Misi Program Studi S1-TI adalah:

  1. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu:
    1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional.
    2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter.
    3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar.
    4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang teknik informatika, khususnya konsentrasi Pemrograman Web - Database, Multimedia - Film Kartun dan Jaringan Komputer.
  2. Unggul dalam bidang penelitian, yaitu:
    1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan secara berkelanjutan
    2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karya-karya dibidang teknologi informasi yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat
    3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru dibidang teknologi informasi atau interdisiplin ilmu.
  3. Unggul dalam bidang pengabdian masyarakat, yaitu:
    1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional
    2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
    3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum.
    4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosan-terobosan baru dibidang teknologi informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu:
    1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional
    2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional

Indikator alumni Program Studi S1-TI adalah:

  1. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  2. Memiliki kemampuan memimpin.
  3. Memiliki jiwa entrepreneur.
  4. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
  5. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

D. Program Studi S1-SI

Visi Program Studi S1-SI adalah:

Tahun 2021 menjadi Program Studi Sistem Informasi Kelas Dunia yang Unggul dalam Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang berbasis enterpreneurship. Berdasarkan peringkat Webometrics Juli 2011, STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2168 dunia, di Asia Tenggara berada pada peringkat 79 dari seluruh Perguruan Tinggi di Asia Tenggara. Untuk College (Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi), STMIK AMIKOM Yogyakarta berada pada peringkat 2 dari seluruh College di Asia Tenggara. Saat ini STMIK AMIKOM Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Percontohan Dunia Model Private Entrepreneur oleh UNESCO sejak 2009.

Misi Program Studi S1-SI adalah:

  1. Unggul dalam manajemen dan pelayanan, yaitu:
    1. Melaksanakan kegiatan layanan administrasi yang profesional
    2. Menggunakan kontrol kualitas jaminan mutu untuk memastikan bahwa pelaksanaan Tri Darma perguruan tinggi sudah berjalan secara benar dan profesional
  2. Unggul dalam bidang pendidikan, yaitu:
    1. Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan tinggi yang berkualitas, produktif dan profesional.
    2. Membangun suasana akademik yang kondusif untuk mendukung proses belajar mengajar, pembinaan individu, dan pengembangan karakter.
    3. Mendorong upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (mahasiswa, dosen dan karyawan) melalui pendidikan berkelanjutan, agar berwawasan luas, memiliki perspektif global, dan pemahaman kondisi lingkungan yang benar.
    4. Meningkatkan pemahaman dalam pemanfaatan teknologi informasi dan penguasaan dibidang sistem informasi, khususnya konsentrasi E-commerce, Perancangan Multimedia dan Sistem Informasi Akuntansi.
  3. Unggul dalam penelitian, yaitu:
    1. Melaksanakan penelitian dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan
    2. Mendorong tumbuhnya kreatifitas untuk menghasilkan karya-karya dibidang teknologi informasi, khususnya system informasi, yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat
    3. Mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang penelitian dengan menghasilkan karya baru yang sesuai konsentrasi bidang ilmu E-commerce, Perancangan Multimedia dan Sistem Informasi Akuntansi atau interdisiplin ilmu.
  4. Unggul dalam pengabdian masyarakat, yaitu:
    1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.
    2. Melaksanakan pembinaan sivitas akademika dan mendorong terciptanya hubungan yang erat dan baik dengan lingkungan.
    3. Menerapkan keahlian dibidang sistem informasi untuk menghasilkan aplikasi yang bermanfaat dan mudah digunakan oleh masyarakat IT dan masyarakat umum.
    4. Menyediakan SDM berkualitas tinggi yang mampu bekerja diberbagai bidang, mampu mempromosikan terobosanterobosan baru dibidang sistem informasi, dan tetap konsisten mengupayakan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Indikator alumni Program Studi S1-SI

Indikator alumni Program Studi S1-SI dilihat dari kompetensi utama dan kompetensi keahlian. Kompetensi utama alumni S1-SI adalah:
  1. Mampu melakukan rancang bangun sistem informasi berbasis komputer berikut perangkat lunak aplikasi sesuai disiplin ilmu secara bertanggung jawab. Kemampuan pengembangan aplikasi sistem informasi meliputi:
    1. Menganalisis dan merancang aplikasi sistem informasi
    2. Pemanfaatan model base berbasis pengetahuan
    3. Implementasi rancangan sistem informasi dengan bahasa pemrograman yang sesuai, dengan cara:
      1. Menyusun program sendiri
      2. Menggunakan tools yang ada
      3. Mengintegrasikan sistem yang sudah ada
  2. Mempunyai wawasan dan menguasai pengetahuan komputer serta pemanfaatannya untuk membantu pelaksanaan proses bisnis dan manajemen.
  3. Memiliki kompetensi yang mampu bersaing secara global.
  4. Memiliki kemampuan memimpin (Leadership).
  5. Memiliki jiwa entrepreneur.
  6. Profesional dalam disiplin ilmu teknologi informasi dan komunikasi.
  7. Memiliki kemampuan kerjasama secara profesional dalam team.

E. Program Studi S2-MTI

Visi Program Studi S2-MTI adalah:

Menjadi program studi magister teknik informatika yang terbaik di Asia Tenggara.

Misi Program Studi S2 MTI adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas global dan berjiwa entreprenuer.
  2. Menghasilkan riset berkualitas global dan pengabdian masyarakat global.
  3. Dipercaya masyarakat global.
Untuk mewujudkan visi dan misi, Program Magister Teknik Informatika mengembangkan pendekatan multidisipliner, menggunakan metode pengajaran berbasis penelitian dan pemecahan masalah serta mahasiswa dididik dan dilatih untuk mendapatkan keahlian khusus dalam bidang teknologi informasi. Selain itu, adanya kompleksitas dan tantangan yang terus berkembang di sektor teknologi informasi, maka Program Magister Teknik Informatika mempunyai tiga konsentrasi, yaitu:
  • CIO Management
Menitikberatkan pada penguasaan:
  1. Perkembangan TIK, potensi teknologi dan bisnis TIK dalam konteks pemanfaatan peluang bagi organisasi dan transformasi organisasi
  2. Perumusan ketersediaan dan tata kelola TIK dalam visi, misi dan tujuan organisasi yang menjamin adanya kesesuaian antara strategi bisnis dan strategi TIK sehingga dinamika organisasi selalu menuju pada tujuannya.
  • Sistem Informasi
Menitikberatkan pada penguasaan:
  1. Ilmu pengetahuan dalam pengelolaan informasi yang dapat digunakan untuk meningkatkan keunggulan kompetitif suatu enterprise
  2. Analisis, perancangan, dan evaluasi suatu sistem informasi dan teknologi informasi yang aman termasuk penerapan teknologi terbaru dalam membangun sistem informasi
  3. Pembangunan, pengembangan dan pengelolaan sistem informasi dalam berbagai bidang enterprise dengan teknik-teknik pengambilan keputusan berbasis informasi untuk mendukung efektifitas keputusan dalam rangka pencapaian tujuan organisasi termasuk pemilihan platform teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan enterprise
  • Teknologi Media Digital
Menitikberatkan pada penguasaan:
  1. Teknik pemodelan dan rekonstruksi tiga dimensi serta mampu mengimplementasikannya dalam pengembangan lingkungan tiga dimensi interaktif
  2. Prinsip film animasi, meliputi aspek teknis, artistik, komersial dan mampu mengimplementasikan dalam produksi film animasi termasuk pengembangan teknik-teknik dalam sistem animasi
  3. Pembuatan desain game secara keseluruhan mulai dari ide, playtesting sampai prototype, dilengkapi dengan design document yang lengkap
  4. Pemahaman dan penguasaan skill seorang produser game secara menyeluruh dari persiapan, tim kerja, sampai manajemen dan skedul kerja
  5. Pembuatan karya kreatif digital baik secara mandiri maupun tim dilengkapi pengembangan usaha dalam bidang industri kreatif digital.

Komentar