Jumat, 01 Desember 2017

Kabar Gembira untuk Online Shop, Tarif Pengiriman Paket Pos Turun!

Seorang petugas Kantor Pos Jogja tengah melayani pelanggan yang akan mengirimkan paket, Senin (20/11/2017). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)
PT Pos Indonesia menurunkan tarif pengiriman barang di wilayah Pulau Jawa terhitung sejak Minggu (19/11/2017).

Harianjogja.com, JOGJA-Bisnis online dan sektor usaha mikro, kecil dan menengah terus menggeliat memberikan peluang pasar yang potensial bagi industri jasa kurir atau logistik.

Mendorong bisnis tersebut, PT Pos Indonesia menurunkan tarif pengiriman barang di wilayah Pulau Jawa terhitung sejak Minggu (19/11/2017).

“Tarif pengiriman barang rata-rata turun sekitar 30 persen. Hal ini kami lakukan untuk membantu para pebisnis online, UMKM dan unit usaha lainnya,” ujar Kepala Kantor Pos Jogja, Fediyan Syahputra saat ditemui Harianjogja.com di kantornya, Senin (20/11).
Fediyan mengatakan selama ini pertumbuhan bisnis online dan UMKM yang memanfaatkan layanan kurir dari PT Pos Indonesia di wilayah DIY teru bertumbuh.

Kendati di tahun sebelumnya sempat menurun, namun seiring menggeliatnya bisnis tersebut memberikan dampak signifikan terhadap bisnis logistik, tak terkecuali dari PT Pos Indonesia.

“Memang sempat mengalami penurunan, karena tarif sempat naik pada tahun lalu. Namun, sejak bisnis ini menggeliat lagi di awal 2017, pengguna layanan kurir Pos Indonesia juga ikut naik. Demikian juga dengan adanya penurunan tarif ini, diharapkan semakin banyak lagi pebisnis yang memanfaatkan jasa kami,” jelas Fediyan.

Seiring dengan banyaknya program-program pemerintah dalam mendorong usaha mikro, kecil dan menengah, juga memberikan dampak positif terhadap penggunaan jasa kurir PT Pos Indonesia. Fediyan menambahkan saat ini selain melayani pengiriman barang dari pebisnis online, Kantor Pos Jogja juga mulai banyak melayani pengiriman produk dari para UMKM.

“Meski kami menurunkan tarifnya, tetapi kualitas juga kami tingkatkan. Karena kami juga memberikan pick up service, di mana sebelumnya hanya melayani korporasi atau perusahaan tertentu, sekarang kami juga melayani penjemputan untuk produk UMKM atau barang dari online shop yang akan dikirimkan,” papar Fediyan.

Adanya penurunan tarif ini, kata Fediyan, akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku bisnis online maupun UMKM. Penurunan tarif tersebut akan memberikan peningkatan nilai tambah atau keuntungan bagi pelaku usaha online dan UMKM, serta dalam menyertakan ongkos kirim, harga produk menjadi tidak terlalu mahal, sehingga diharapkan produktivitas barang dapat ditingkatkan.

Sebelumnya, pengiriman barang atau dokumen ke Jakarta dengan layanan Pos Kilat Khusus dikenakan tarif Rp19.000 sekarang menjadi Rp12.500 dan layanan Express biasanya dikenakan Rp30.000 menjadi Rp15.500. Sedangkan ke wilayah Jawa Timur seperti Surabaya untuk layanan express turun dari Rp41.000 menjadi Rp31.000.

“Sedangkan untuk di area Jogja, dari tarif Rp10.000 menjadi Rp8.000.
Dengan tarif baru ini, kami berani mengklaim termurah dibandingkan kompetitor lainnya,” imbuh Fediyan.

http://www.harianjogja.com/baca/2017/11/20/kabar-gembira-untuk-online-shop-tarif-pengiriman-paket-pos-turun-870423

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.